1. Di file (tolong dikomentari jika ada yang keliru)
2. Definisi class dan object
Class adalah rancangan atau cetak biru atau gambar teknik dari suatu objek. Class mendefinisikan karakteristik objek yang akan dibuat dari class tersebut: misalnya objek yang akan dibuat nanti mempunyai berat tertentu, atau warna tertentu, ataukah mempunyai engsel, pintu, ataukah jendela. Class juga mendefinisikan perilaku objek yang akan dibuat dari class tersebut: misalnya objek yang akan dibuat nanti bisa berjalan, belok, naik, turun, mengeluarkan suara, tidur, menulis, mengangkat, ataukah menembak.
Object adalah suatu entitas yang dibuat berdasarkan cetak biru atau gambar teknik tersebut. Jadi, objek merupakan wujud nyata dari cetak biru atau rancangan atau gambar teknik yang terdapat pada class-nya.
Misalnya saja, seseorang membuat rancangan mobil –katakanlah gambar teknik sebuah mobil. Mobil ini mempunyai karakteristik atau atribut berupa pedal gas, setir, kopling, dan rem. Mobil ini dirancang untuk mempunyai perilaku: berakselerasi, berbelok, dan berhenti. Nah, rancangan mobil dengan sekian rancangan karakteristik dan perilaku ini adalah sebuah class. Anda tidak bisa mengendarai sebuah rancangan mobil.
Seseorang perlu membuat sebuah mobil betulan dari rancangan tersebut. Katakanlah, Tuan Ndaho membuat mobil bernama Zzaj dari rancangan tersebut dan memodifikasinya sedikit. Mobil ini dibuat dengan pedal gas berbahan baja dilapisi kulit, setir berlapis sepon dan kulit, dan kopling manual. Perilaku mobil ini adalah berakselerasi, berbelok, dan mengurangi kecepatan jika pedal rem ditekan.
Di tempat lain, Tuan Kisuzu membuat mobil Twisf dari rancangan tersebut juga dan memodifikasi sedikit juga. Mobil Twisf dari Tuan Kisuzu ini dibuat dengan pedal berbahan sama dengan mobil Zzaj, setirnya hanya dilapis kulit, namun koplingnya otomatis. Perilaku mobil ini sama dengan perilaku mobil Zzaj.
Karakteristik luar mobil ini juga tampak berbeda. Zzaj mempunyai warna biru, dan Twisf mempunyai warna hitam.
Untuk lebih mudahnya, perhatikan tabel ini:
Class Mobil Object Mobil A Object Mobil B
Karakateristik atau Atribut atau Variabel Merek Zzaj Twisf
Pembuat Tuan Ndaho Tuan Kisuzu
Pedal Berbahan baja berlapis kulit Berbahan baja berlapis kulit
Setir Berlapis sepon dan kulit Berlapis kulit
Kopling manual Otomatis
Warna biru hitam
Perilaku atau Method Berakselerasi
Berbelok
Mengurangi kecepatan
3. Keuntungan pewarisan adalah suatu atribut atau method yang sudah didefinisikan dalam sebuah super class secara otomatis diwariskan ke semua subclass yang mewarisi super class tersebut.
Jadi, keuntungannya adalah hemat waktu dan tempat. Kita dapat sekali saja menulis sebuah method pada super class. Kemudian method tersebut dapat digunakan oleh semua sub class hanya dengan memanggilnya.
Pewarisan dibutuhkan saat sebuah class ingin memakai sebuah method-method yang telah didefinisikan pada class lain.
4. Perbedaan antara override dan overload:
Override adalah jika di sub class dituliskan method yang sama nama dan parameternya dengan method yang ada di super class.
Overloading adalah penggunaan satu nama (nama yang sama) untuk beberapa method yang berbeda dengan parameter berbeda.
Tuesday, April 13, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment